Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Permanen

Viralsehat.com-Kutu rambut atau kutu kepala adalah parasit penghisap darah yang tumbuh dan hidup di bagian kepala. Ada 2 jenis kutu yang hidup, yaitu kutu jantan dan kutu betina. Kutu betina mampu bertelur 6 buah dalam hitungan sehari. Telur ini yang merekat kuat di rambut. Hitungan untuk menetasnya telur kutu rambut, kurang lebih selama 8 hari. Rambut yang bermasalah, atau rambut yang mengalami kerusakan, merupakan pembantu yang memudahkan merebaknya kutu dengan cepat melalui sentuhan rambut tersebut.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Permanen
gambar kutu rambut

Bahaya kutu rambut tidak bisa kita remehkan. Selain mengganggu karena rasa gatal, kesehatan kitapun menjadi beresiko. Selain itu, kutu rambut bisa menular kepada orang lain. Kutu bisa melompat dari kepala ke kepala yang lain dengan cara melalui handuk, sisir, bantal dan lain-lain. Kerugian besar terjadi bukan hanya untuk kita sendiri tapi juga orang lain di sekitar kita.

Perlu kita kenali beberapa pertanda bahwa kepala kita terdapat keluarga besar kutu rambut yang bersemayam di kepala kita. Tanda-tanda kepala kita tedapat kutu rambut adalah sebagai berikut:
  • Gatal yang sangat kuat, dan tak terhingga pada kulit kepala. Hal ini diakibatkan karena adanya kutu yang membuang zat air liur.
  • Tanda merah pada leher, kulit kepala, dan belakang telinga. Dan bengkaknya pada bagian belakang telinga.
  • Tedapat telur-telur yang kecil yang nampak bersinar berwarna putih. Terlihat seperti ketombe. Tetapi tidak mudah untuk dibuang.

Penyebab adanya kutu rambut.
  • Tudung kepala.
  • Topi.
  • Handuk.
  • Perhiasan rambut.
  • Sisir.

Itulah penyebab terjadi adanya kutu rambut di bagian kepala kita. Rasa gatal yang luar biasa memang membuat kita merasa jengkel, kesal, dan terkadang membuat kita prustasi. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen, sehingga tidak lagi ada di rambut kita untuk selamanya.

Berikut adalah cara mengatasinya.

1. Sampo Khusus.
Kita bisa gunakan sampo khusus untuk membunuh sekaligus menghilangkan kutu kepala. Sampo kusus bisa kita dapatkan di apotek terdekat.

2. Cuci Rambut.
Mencuci rambut secara biasa, gunakan sampo dan usap hingga kulit kepala. Biarkan beberapa saat sampai rambut agak mengering. Setelah itu, kita bisa langsung buang kutu beserta telurnya menggunakan sikat rambut yang bergerigi lembut.

3. Konsultasi Dokter.
Kultasikan dengan dokter apabila terlanjur terjadi infeksi bakteria. Akibatnya dari infeksi tersebut, kita bisa demam, serta bisul bernanah dikepala.
Dengan melalui cara berikut tidak menutup kemungkinan besar terhindar dari adanya kutu rambut yang menyebalkan.
Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Mengembang Dengan Mudah
Demikian urain tentang cara membasmi kutu rambut. Semoga dapat menjadi manfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan yang berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel