7 Tips Sehat Menjelang Persalinan

Detik detik menjelang persalinan merupakan momen paling mendebarkan bagi semua calon ibu. Karena pada saat itu mental dan fisik si ibu mulai diuji.

Perut yang semakin membesar setiap harinya, mengakibatkan si ibu terbatas dalam bergerak dan beraktifitas. semua aktifitas si ibu mulai terhambat dan cepat merasakan lelah, lemes, pegel, dan otoot –otot menjadi tegang.

7 Tips Sehat Menjelang Persalinan
pexels.com

Lalu apa yang harus dilakukan supaya dalam proses persalinan berjalan lancar? Para calon ibu harus saat jelang persalinan harus mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan persalinan.

Simak Tips Sehat Menjelang Persalinan, sebagai berikut :

Perbanyak Makan dan Minum
Makan dan minum bagi ibu hamil itu bertujuan untuk menambah energi sang ibu. Sehingga nanti pas waktu melahirkan si ibu memiliki tenaga yang kuat untuk mengeluarkan sang bayi.

Namun kebanyakan ibu-iibu hamil itu sulit untuk makan, karena sering merasakan mual, tapi cobalah untuk makan setidaknya ada makanan yang masuk kedalam perut meskipun sedikit.

Makanan yang baik untuk ibu hamil adalah makanan yang mengandung sumber karbohidrat komplek, seperti nasi, roti gandum, roti kering, kue berass, buah pisang, sup kaldu ayam atau sapi, puding, agar-agar susu, pie apel, hindari mengkonsumsi buah-buahan asam seperti jeruk, tomat, dan anggur.

Dan jenis minuman yang disarankan untuk ibu hamil adalah air putih, jus apel, jus mangga, teh hangat dicampur madu.

Berjalan-jalan
Melakukan aktifitas berjalan-jalan ini terbukti bisa mempermudah pada saat proses melahirkannya normal tanpa harus operasi sesar.

Terutama pada saat trimester ketiga sangat dianjurkan untuk berjalan-jalan, minimal berjalan-jalan di sekitaran rumah, halaman depan rumah, dll.

Perbanyak membaca seputar kehamilan dan proses melahirkan
Untuk mengatsi rasa bosan, anda bisa menghabiskan waktu dengan cara membaca buku seputar kehamilan. Banyak pelajaran-pelajaran yang didapat dari membaca.

Anda bisa belajar cara mengganti popok yang benar, bagaimana cara menyusui yang baik dan benar, cara memandikan bayi, dan lainnya.

Posisi tidur menyamping
Posisi tidur menyamping terbukti bisa melancarkan peredaran darah janin, serta mempercepat proses persalinan. Sebaiknya melakukan posisi tidur menyamping itu mulai membesar.

Hindari tidur terlentang, karena tidur terlentang akan menyebabkan pembuluh darah tertekan sehingga menghambat aliran darah pada tubuh, dan akibat yang paling patalnya adalah kondisi janin bersiko kematian.

Jauhkan dari aktifitas yang memberatkan
Ketika usia kandungan anda sudah mulai membesar, sebaiknya semua aktifitas yang berat harus segera dihindari. Karena aktifitas yang berat bisa mempengaruhi kondisi janin.

Sebaiknya lakukan kegiatan yang ringan-ringan saja, seperti membaca-baca buku kehamilan, menulis, menonton, dan kegiatan-kegiatan postif lainnya.

Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup itu sanagt diperlukan bagi ibu-ibu hamil yang akan menjelang persalinan. Dengan istirahat yang cukup bisa menghemat tenaga, sehingga nanti pas waktu melahirkan sang ibu memiliki tenaga yang kuat.

Sering-seringlah duduk jongkok
Untuk mempermudah proses pembukaan disarankan untuk sering-sering duduk jongkok. Selain mempermudah proses pembukaan duduk jongkok juga bisa memperkuat otot-otot paha, perut, dan meningkatkan elastisitas jalan lahir hingga 20-30 %.

Menurut beberapa pengalaman duduk jongkok sambil melakukan aktifitas mengepel dapat memeperlancar proses persalinan. Namun melakukan aktifitas ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Baca juga : 8 Tips Sehat Menaikkan Berat Badan Paling Aman
Demikian 7 Tips Sehat Menjelang Persalinan yang bisa kami share. Semoga informasi diatas memberikan manfaat, terutama bagi calon ibu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel