Cara Mengatasi Rambut Mengembang Dengan Mudah

Viralsehat.com-Rambut yaitu salah satu organ yang tumbuh dibagian tubuh, lebih tepatnya di bagian kepala manusia. Organ ini berupa benang yang tumbuh di bagian-bagian tertentu pada tubuh manusia. Ada titik-titik yang dimana rambut tidak bisa tumbuh memanjang, seperti bulu mata, bulu kaki, dan lain-lain. Tidak hanya manusia, hewan pun memiliki rambut atau bulu. Rambut muncul dari kulit luar. Ada banyak warna rambut manusia, hitam, kuning, coklat, atau warna lainnya, tergantung pada faktor gen. Warna rambut diatur oleh pigmen. Ada dua macam pigmen yang berfungsi sebagai pengatur warna rambut yaitu, eumelanin dan feomelanin.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang Dengan Mudah
gambar rambut mengembang

EUMELANIN.
Eumelanin merupakan protein yang mengandung asam amino tirosin. Membutuhkan enzim tirosinase untuk membentuk eumelanin. Enzim ini, lebih aktif kepada orang dewasa dibandingkan anak-anak, dan orang tua tidak begitu aktif.

FEOMELANIN
Feomelanin merupakan produk dalam produksi eumelanin. Pigmen ini juga sama, membutuhkan enzim tirosinase, yang bereaksi dengan asam amino sistein.

Rambut yang sehat merupakan dambaan semua manusia, terutama kaum wanita. Wanita identik dengan rambut yang lebih panjang dari rambut yang tumbuh di kepala laki-laki. Ada banyak tipe model rambut wanita, untuk mempercantik tampilannya. Lalu, bagaimana dengan rambut wanita yang rusak dan akhirnya menjadi mengembang? Dan bagaimana cara mengatasi rambut mengembang?  Beberapa penyebab mengembangnya rambut bisa kita lihat dari aktifitas kita sehari-hari.
  • Rambut sering terkena terik panas matahari secara berlebihan. 
  • Sering menggunakan alat catok secara berlebihan, untuk meluruskan rambut.
  • Sering menggunakan hair dryer.
  • Bisa juga karena faktor keturunan.

Dan berikut adalah cara mengatasinya.

1. Keramas Rutin.
Keramas terlalu sering atau berlebihan juga bisa mengakibatkan rambut mengembang. Tetapi, jika kita atur waktu dengan benar, keramas rutin sehari 2 kali, atau rambut telah benar-benar kotor. Untuk sampo, pilih yang bebas sulfat, mengandung glycerin, yang bisa membantu menutrisi bahkan dari akar rambut.

2. Gunakan kondisioner Rambut.
Tidak hanya keramas menggunakan sampo. Setelah selesai keramas, alangkah lebih baik jika memakai kondisioner yang cocok dengan rambut kita yang mengembang. Dilihat dari fungsinya, kondisioner membantu melembutkan rambut, sehingga rambut menjadi lebih mudah diatur.

3. Gaya Rambut Yang Sesuai.
Jika kita merupakan salah satu yang mempunyai tipe rambut tebal, dan kasar, sehingga menimbulkan rambut yang mengembang. Pilihlah gaya atau style rambut yang sesuai dengan tipe rambut seperti itu. Konsultasikan dengan pakar rambut profesional.

Dengan cara tersebut, memungkinkan kita bisa menata rambut tanpa khawatir akan mengembang. Perawatan yang maksimal juga perlu dilakukan.
Baca juga : Tempat Konsultasi Tepat Tentang Cara Memperpanjang Rambut Yang Sehat
Demikian uraian tentang cara mengatasi rambut yang mengembang. Semoga bisa menjadi manfaat dan menambah ilmu pengetahuan yang berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel