CARA MENGURANGI RAMBUT RONTOK DENGAN AMAN

Viralsehat.com-Kerontokan rambut bisa diartikan sebagai kebotakan yang terjadi pada rambut kepala. Penyebabnya, bisa terjadi karena infeksi jamur, kekurangan gizi, dan penyakit turunan. Selain itu, terlalu banyak beban fikiran juga bisa mengakibatkan rontoknya rambut kepala. Depresi berat, trauma, sehingga menimbulkan kerja otak secara berlebihan.

Pada umumnya, terjadi kerontokan rambut karena ketombe, lesi kulit, dan bekas luka. Dilihat dari jumlah rambut yang tumbuh di kepala manusia bervariasi, tapi biasanya umun terjadi sekitar antara 100 ribu helai sampai 150 ribu helai. Jika terjadi kerontokan, sehari biasanya 100 helai dan itu umum terjadi, tetapi tetap, setiap manusia berbeda.

CARA MENGURANGI RAMBUT RONTOK DENGAN AMAN
gambar rambut rontok

Efek dari rontoknya rambut, membuat menipisnya rambut sehingga mengakibatkan timbulnya stres psikologis karena penampilan kita lebih buruk dari sebelumnya. Rambut merupakan bagian penting pada tubuh manusia, karena dianggap sebagai wakil dari identitas untuk keseluruhan. Jika terjadi kepada kita, apa yang akan kita lakukan? Bagaimana cara mengurangi rambut rontok? Tentu pertanyaan tersebut selalu mampir di pikiran kita.

Sebenarnya kita tidak perlu panik ataupun bingung menghadapi masalah tersebut. Logikanya, rambut itu tumbuh, dan jika tumbuh berarti memerlukan makanan. Intinya, untuk menghindari terjadinya kerontokan pada rambut maka diperlukan makanan sehat untuk rambut. Karena, bukan hanya tubuh kita saja yang memerlukan makanan, melainkan rambut pun perlu.

Dan berikut adalah makanan sehat untuk nutrisi rambut.

1. Kemiri.
Bentuknya memang kecil, tetapi khasiatnya besar. Selain itu, kemiri juga tidak sulit untuk ditemukan. Untuk urusan rambut, kemiri selalu dicari. Ada 2 cara untuk mengurangi kerontokan rambut menggunakan kemiri. Cara Pertama, rebus sampai matang, setelah itu akan keluar minyak dan mengapung di air rebusan tersebut. Minyak yang keluar itulah yang dijadikan sebagai solusi untuk memberi nutrisi pada rambut. Usapkan minyak kemiri ke rambut. Cara kedua yaitu, kemiri dibakar, kemudian ditumbuk sampai menghasilkan minyak. Sama seperti cara pertama, minyak dari hasil tumbukan tadi dioleskan ke rambut.

2. Teh Hijau.
Teh hijau selain berkhasit untuk menurunkan berat badan, juga berkhasiat untuk mengurangi kerontokan rambut. Caranya, seduh teh hijau tersebut, setelah itu diamkan sampai basi. Kemudian, usapkan diiringi dengan pijatan pada kepala atau rambut kurang lebih sampai 5 menit. Jika sudah, bilas dan bersihkan menggunakan air bersih. Lakukan kegiatan ini rutin setiap hari.
Selain makanan yang bisa memberi nutrisi rambut, pola hidup sehat juga perlu kita lakukan. Olah raga cukup, minum air putih. Hindari stress, refresh otak dengan berwisata ke tempat-tempat segar ketika liburan. Dengan begitu, kita bisa terhindar dari yang namanya kerontokan pada rambut.
Baca juga : Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Permanen
Demikian uraian tentang rambut rontok dan cara menanganinya. Semoga bisa menjadi manfaat dan menambah ilmu pengetahuan yang berharga untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel