Cara Membuat Kulit Lumpia Yang Renyah

Di Indonesia sendiri terdapat jajanan yang namanya di ambil dari nama lumpia yaitu lumpia basah dan lumpia kering, jajanan yang satu ini memang menggunakan kulit lumpia sebagai bahan pelengkapnnya hanya saja untuk lumpia basah di tambahi tauge dan kwetiaw. Nah kali ini kami akan membahas bagaimana cara membuat kulit lumpia yang renyah dan lezat.
Berikut cara membuat kulit lumpia yang benar. Pertama—tama siapkan beberapa bahan—bahan sebagai berikut :

Cara Membuat Kulit Lumpia Yang Renyah
gambar kulit lumpia

Bahan-Bahan :
  • Tepung terigu 200 gr.
  • 2 butir telur ( ambil putih telurnya saja).
  • Garam 1 sendok teh. 
  • Minyak sayur 2 sendok makan.
  • 200 ml air.


Cara Membuat Kulit Lumpia :

  • Pertama tuangkan tepung terigu  kedalam wadah berukuran sedang, tambahkan garam  aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukkan putih telur dan air tadi lalu aduk kembali. Sebaiknya aduk dengan tangan supaya adonan tercampur rata.
  • Selanjutnya siapkan wajan diatas kompor dengan api kecil, pastikan wajan yang digunakan wajan anti lengket, setelah itu olesi wajan dengan sedikit minyak.
  • Tuangkan sedikit adonan diatas wajan. Sebaiknya gunakan kuas berukuran lebar supaya kulit lumpianya memiliki tingkat ketebalan yang sempurna.
  • Diamkan adonan diatas wajan  hingga adonan terkelupas, selanjutnya kulit lumpia angkat lalu simpan diatas daun atau kertas nasi supaya tidak lengket. Lakukan ini hingga adonan habis.

Kulit lumpia berbeda dengan kulit risoles, kulit lumpia lebih tipis sehingga rentan sobek. kulit lumpia bisa di kombinasikan dengan beberapa bahan makanan lainnya, seperti yang sudah dibahas sebelumnya yautu bisa dijadikan sebagai pelengkap lumpia basah. Selain itu bisa di buat lumpia goreng, yang isiiannya bisa dikreasikan sesuai selera anda.

Misalnya untuk isian lumpia bisa menggunakan bihun yang sudah direndam oleh air panas sebelumnya kemudian dikasih irisan wortel  dan bawah merah. Setelah itu isian tersebut simpan diatas lumpia tadi kemudian gulung, lalu  goreng diatas minyak panas. Atau anda bisa membuat isian lumpia dari daging ayam atau daging sapi yang sudah diolah, lalu daging sapi tersebut gulung dengan lumpia lalu goreng. Santap panas-panas.

Ternyata membuat kulit lumpia itu tidak terlalu sulit, bahkan terbilang gampang kok untuk di praktikkannya di rumah nanti. Bagi anda yang suka membeli kulit lumpia dipasar yang belum terjamin kehegenisannya, mending membuat kulit lumpia sendiri di rumah, selain enak aman pula bila dikonsumsi tidak akan takut sakit perut.

Baca juga : Cara Membuat Kulit Risoles Yang Lembut

Itulah sedikit ulasan mengenai Cara Membuat Kulit Lumpia, semoga bisa membantu anda untuk membuat cemilan enak di rumah dan semoga bermanfaat bagi anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel