Tips Sehat Ala Islam Yang Wajib Kamu Tahu

Menjalani hari-hari dengan kondisi yang sehat dan bugar merupakan dambaan setiap orang. Beragam cara dan tips ditempuh guna mewujudkan harapannya tersebut. Mulai dari diet secara ketat, terapi kesehatan secara khusus, sampai mengomsumsi suplemen kesehatan.

Semua itu sah-sah saja, namun yang paling penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar adalah pola hidup yang dijalankan sehari-hari. Bagi umat muslim pola hidup yang baik sudah terdapat dalam ajaran Islam. Berkaitan dengan itu, artikel ini akan membahas tips sehat ala Islam.

Tips sehat ala Islam sebenarnya sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW beberapa abad silam. Beliau memberikan contoh bagaimana pola hidup yang sehat agar tubuh menjadi kuat, sehat, bugar dan tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Terbukti, dalam beberapa literatur sejarah Islam disebutkan bahwa Rasulullah hanya mengalami dua kali sakit selama hidupnya yaitu: pertama, ketika diracun oleh wanita yahudi dan kedua, tatkala menjelang wafatnya. Berikut tips sehat ala Islam yang wajib kamu tahu.

Tips Sehat Ala Islam Yang Wajib Kamu Tahu

Tips sehat ala Islam 

Hanya mengonsumsi makanan yang halal dan baik
Makanan yang kita konsumsi harus memenuhi dua syarat yaitu halal dan baik. Halal dari segi jenis makanannya dan juga halal dari cara mendapatkan makanan tersebut. Sedangkan baik artinya makanan tersebut bermanfaat bagi kesehatan, alami, bergizi, dan mengandung unsur zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Diantarnya: buah-buahan, ikan laut segar, sayuran, madu, susu dll. Hindari makanan yang bisa merusak kesehatan seperti junk food (makanan yang banyak mengandung pengawet), berlemak dll.

Tidak berlebihan, duduk dan menggunkan tangan kanan saat makan
Islam mengajarkan agar umatnya senantiasa makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Makan juga harus dilakukan sambil duduk dan menggunakan tangan yang kanan. Berdoa sesudah dan sebelum makan akan menambah keberkahan kepada kita.

Menjaga kebersihan
Dalam Islam kebersihan merupakan pangkal dari ibadah. Rasulullah telah memberikan contoh bagaimana kita seharusnya dalam menjaga kebersihan. Beliau suka mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi pada hari kamis atau jumat. Beliau juga sangat memperhatikan kebersihan mulut dan gigi dengan bersiwaq.
 
Rutin dalam berpuasa
Ditinjau dari sisi kesehatan puasa memiliki banyak manfaat diantaranya, dapat menyembuhkan penyakit hipertensi, diabetes, saluran pernafasan, asma, jantung, pengerasan arteri, kanker dan lain-lain. Selain puasa wajib kita juga dapat melakukan puasa sunah seperti puasa hari senin dan kamis.

Tidur lebih cepat dan bangun lebih awal
Islam sangat tidak menganjurkan umatnya untuk begadang dan ngerumpi sangat selepas waktu isya. Rasulullah menberikan contoh agar cepat tidur jika sudah waktunya dan bangun pada sepertiga malam. Sebaiknya tidur tidak lebih dari jam 22.00 dan bangun pada sepertiga malam terakhir atau jam 03.00 untuk qiyamullail.

Tidak pemarah
Rasulullah menasihati kita dengan kalimat “jangan marah” yang diulangi sampai tiga kali. Hal ini memeberikan pelajaran bagi kita bahwa hakikat kekuatan seseorang tidak terletak pada fisik, namun pada kebersihan jiwa. Tidak mudah marah juga terbukti dapat menyehatkan tubuh.

Rutin berolah raga
Islam sangan mencintai muslim yang kuat dari pada muslim yang lemah. Pepatah mengatakan dibalik tubuh yang kuat terdapat jiwa sehat. Dengan berolah raga secara rutin kita akan dapat meningkatkan kebugaran dan kekuatan otot-otot tubuh. Rasulullahpun sangat menganjurkan agar anak-anak dilatih memanah, menunggang kuda dan berenang.

Bersosialisasi
Harvard School of Public Health pernah melakukan studi dan menemukan bahwa laki-laki berusia 70-an tahun yang mempunyai hubungan sosial yang baik memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami kerusakan atau penyakit jantung.

Baca juga : Tips Sehat Menurunkan Berat Badan Secara Alami Mudah dan Cepat
Islam sangat menganjurkan agar kita bersilaturahmi, berbuat baik kepada karib kerabat dan tetangga. Jadi bersosialisasi juga merupakan salah satu tips sehat ala Islam yang patut kita tiru.

Nah itulah tips sehat ala Islam yang bisa saya share. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel