Obat Herbal Alergi

Terdapat banyak bahan tanaman tradisional yang bisa dijadikan obat herbal alergi seperti madu, jahe, kunyit dan lain-lain. Alergi itu sendiri merupakan reaksi tubuh yang berlebihan dalam merespon benda asing yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh atau yang disebut alergen.

Sistem kekebelan tubuh akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan jika alergen masuk kedalam tubuh seseorang baik terhisap tertelan atau bersentuhan langsung dengan kulit.

Obat Herbal Alergi
pixabay.com

Penggunaan obat herbal alergi sebenarnya bertujuan untuk merangsang sistem imun yang kuat pada alergen atau pemicu dari alergi.

Beberapa jenis alergen yang dapat menimbulkan reaksi alergi meliputi makanan tertentu, debu/tungau, cuaca, bulu hewan, obat-obatan kimia tertentu, serbuk sari, kosmetik dan spora jamur.

Ketika pertama kali tubuh berpapasan dengan sebuah alergen, maka antibodi akan diproduksi sebab dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya.

Dan apabila tubuh kembali berpapasan dengan alergen yang sama, maka tubuh akan meningkatkan antibodinya terhadap jenis alergen tersebut.

Itulah yang memicu pengeluaran senyawa kimia dalam tubuh dan mengakibatkan munculnya gejala-gejala alergi.

Pada umumnya gejala-gejala alergi yang muncul adalah bersin-bersin, sesak napas (asma), batuk-batuk, hidung beringus, gatal pada kulit, mata berair, merah dan gatal pada mata serta terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti mulut, wajah da lidah.

Tingkat keparahan alergi yang diderita setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengalami alergi ringan dan alergi parah yang bisa berakibat fatal atau anafilaksis. Jika anda mengalami anafilaksis maka segera hubungi dokter agar cepat ditangani.

Cara yang paling ampuh agar tidak terserang alergi adalah dengan meghindari faktor pemicu (alergen). Tapi apabila gejala-gejala alergi muncul ada beberapa obat herbal alergi yang dapat membantu.

Obat herbal alergi 

Memanfaatkan obat herbal alergi merupakan langkah aman untuk menghindari efek samping yang berbahaya. Namun, penggunaan obat herbal untuk mengatasi keluhan alergi harus disesuaikan dengan faktor pemicu dan gejala yang muncul.

Beriku beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat herbal alergi, diantaranya :

Madu
Madu merupakan bahan alami yang paing efektif untuk pengobatan alergi seperti asma, bersin-bersin, hidung beringus dan batuk. Kandungan senyawa yang terdapat pada madu dapat dapat melawan reaksi alergi dengan merangsang meningkatkan sistem imun tubuh.

Disarankan untuk memilih madu asli yang didapat dari petani langsung. Mengkonsumsi satu sendok madu yang dicampur dengan air putih dingin atau hangat secara rutin sebelum sarapan sangat baik  untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap prima.

Jahe 
Sama halnya dengan madu, jahe merupakan obat herbal alergi yang sangat efektif.  Kandungan antihistamin alami dalam jahe dapat menghambat berbagai gejala alergi seperti sesak napas dan hidung beringus.

Selain itu, jahe juga mengandung dekongestan yang sangan bermanfaat untuk melegakan hidung tersumbat. Rebusan air jahe yang ditambah dengan madu dapat mencegah dan mengobati alergi yang anda alami.

Bawang putih
Sifat antivirus yeng terdapat pada bawang putih bisa dijadikan sebagai obat herbal alergi yang efektif. Mengkonsumsi 2-3 siung bawang putih mentah yang dicampur madu asli setiap hari dapat mencegh dan mengobati berbagai gejala alergi.

Peppermint 
Peppermint merupakan obat herbal alergi yang sangan baik karena berfunsi sebagai dekongestan alami yang membantu mengurangi gejala-gejala alergi seperti batu-batuk atau juga sinus.

Baca juga : Obat Herbal Prostat

Kunyit dan sambiloto
Perpaduan kunyit segar dan daun sambiloto yang dicampur dengan belerang sangat ampuh sebagai obat herbal alergi gatal-gatal pada kulit.

Setelah dicuci bersih kemudian haluskan semua bahan tersebut sampai lembut lalu balurkan pada kulit yang gatal karena alergi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel