Gejala Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Liver

Penyakit Liver merupakan jenis penyakit yang  menyerang organ hati. Organ hati memiliki peran besar dalam keberlangsungan hidup manusia yaitu dalam membantu proses metabolisme fungsi hati juga berfungsi untuk mengubah betakaroten menjadi vitamin A, menyimpan glikogen, memperbaiki sel-sel darah merah yang sudah mati dan fungsi juga sebagai penetral racun didalam tubuh.

Jika kinerja pada organ hati sudah berkurang, maka akan berpengaruh juga pada organ-organ lain yang selama aktivitasnya bergantung pada organ hati. Penyakit liver atau keruskan fungsi hati ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Gejala Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Liver
 Penyakit Liver

Faktor- Faktor Penyebab Penyakit Liver

Minuman Beralkohol
Menurut beberapa penelitian sekitar 10 % hingga 20 % penyakit liver disebabkan oleh minuman beralkohol. Hal ini dikarenakan alkohol memicu fungsi hati untuk bekerja lebih ekstra untuk menyaring cairan-cairan tersebut, sehingga menyebabkan hati mengalami pembengkakan akibat terlalu banyak air yang masuk.

Merokok
Yang paling berbahaya dari rokok adalah bahan-bahan kimianya salah satunya zat N-Nitrosodiethylamine, nikotin, dan Arsenik,  nah bahan-bahan tersebut bisa menyebab kerusakan hati fungsi bahkan bisa menyebabkan tumor hati dan kanker hati.

Obat-Obatan Terlarang
Obat-obatan terlarang seperti narkoba, ganja, ektasi juga beresiko tinggi terkena penyakit liver. Selain obat-obtan terlarang, obat-obatan medis yang tidak menggunakan resep dari dokter dan berdosis tinggi juga bisa menyebabkan keruskkan fungsi hati.

Obat Suplemen
Tidak semua obat suplemen itu memberikan dampak positif bagi kesehatan, toh ternyata ada juga dampak negatifnya jika obat suplemen tersebut dikonsumsi secara berlebihan, sehingga bisa menyebabkan kerusakan hati karena overdosis vitamin A.

Obesitas
Obesitas atau kelebihan berat. Obesitas itu cenderung memiliki kandungan lemak cukup tinggi didalam tubuh ya itu, sehingga lemak-lemak tersebut cenderung menumpuk dan mengendap di sekitar organ hati, sehingga dapat memicu terjadinya penyakit liver berlemak.

Terinfeksi Virus Hepatitis
Hepatitis terbagi kedalam beberapa tipe, yaitu hepatitis A, B, dan C, virus hepatitis bisa menyerang tubuh sehingga tubuh merasakan lemas, lesu, dan lemah tak berdaya, bahkan jika tidak segera diobati, kemungkinan besar menyerang pada organ hati, sehingga menyebabkan hati mengalami peradangan bahkan bisa sampai kepada kondisi gagal liver.

Sedangkan untuk gejala yang ditimbulkan dari penyakit liver sendiri bisa dilihat beberapa tanda-tanda yang dialami oleh tubuh, yaitu diantaranya :
  • Pertama, adanya perubahan ukuran perut, perubahan ini buka disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makananan, akan tetapi perubahan ukuran perut ini disebabkan adanya pembengkakan pada perut bagian bawah. 
  • Kedua adanya perubahan warna urin (air kencing), air urin berubah menjadi warna kuning gelap.
  • Ketiga mimisan yang berlangsung secara terus menerus sehingga menyebabkan para penderitanya menjadi lemas. 
  • Keempat berkurangnya nafsu makan, dengan munculnya kondisi ini tubuh menjadi lemas dan berat badan hari demi harinya semakin menurun, dll.

Penyakit itu lebih baik dicegah dari pada mengobati. Simaklah berikut beberapa pencegahan agar tubuh kita terutama organ hati kita terhindar dari berbagai penyakit kronis salah satunya penyakit liver yaitu dengan cara menjaga pola hidup sehat.

Pola hidup sehat bisa dilakukan dengan cara menghindari minuman beralkohol, merokok, menjauhi obat-obatan terlarang, menghindari makanan yang berlemak.

Nah untuk itu lebih baik memilih makan-makan yang sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, susu, dan yang terakhir rajin-rajinlah berolahraga minimal 2 x dalam seminggu.

Baca juga : Berbagai Cara Mengobati Kanker Payudara
Demikian itulah artikel seputar Penyebab Penyakit Liver, semoga infromasi diatas memberikan manfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel