7 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Hipertensi

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Hipertensi. Hipertensi atau biasa disebut dengan penyakit darah tinggi ini merupakan jenis penyakit berbahaya apabila didiamkan terlalu lama bisa menimbulkan penyakit lainnya seperti kolesterol, penyakit jantung, dan penyakit stroke. Untuk gejalanya sendiri jarang bisa dideteksi secara langsung harus melalui pemeriksaan tekanan darah terlebih dahulu baru anda mengetahui apakah anda mengalami darah tinggi atau tidak.

 7 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Hipertensi
www.flickr.com

Orang yang terkena penyakit hipertensi tidak mengenal pria maupun wanita, orang dewasa maupun orang tua berusia diatas 50 thn, karena sekarang ini siapun bisa terkena hipertensi, hal ini karena disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

Penyebab Hipertensi 

Yang menjadi penyebab utama hipertensi yaitu gaya hidup yang buruk seperti banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat , seperti makanan berlemak, pedas, makanan yang terlalu banyak mengandung garam, kurangnya mengonsumsi sayur dan buah. Sehingga menimbulkan berat badan yang berlebih. Kemudian males berolahraga, padahal berolahraga itu sangat penting bagi kesehatan dan dengan berolahraga bisa mencegah berbagai macam penyakit.

Namun tidak hanya dari gaya hidup yang buruk saja, hipertensi juga disebabkan karena turunan dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit hipertensi. Hipertensi sewaktu-waktu saja merenggut nyawa seketika. Nah agar terhindar dari resiko kematian, kini yang bisa kita lakukan adalah denga cara menjaga pola makan sehat. dari beberapa penelitian pola makan sehat bisa memperkecil resiiko kematian akibat hipertensi.

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Hipertensi

Berikut beberapa makanan yang baik bagi para penderita hipertensi, yaitu:

Mengkudu
Dikalangan masyarakat Indonesia buah mengkudu dipercayai sebagai obat tradisonal untuk menurunkan hipertensi. Mengkudu juga berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah dan berkahsiat untuk mengeluarkan berbagaai racun didalam tubuh.

Mengkudu bisa dikonsumsi dengan cara di haluskan dengan menggunakan blende ataupun di parut, kemudian airnya disaring kedalam gelas. Sebaiknya ramuan mengkudu ini diminum setiap hari.

Pisang 
Kandungan yang terdapat dalam buah pisang seperti kalium,dan mineral banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Nah bagi anda yang memiliki riwayat hipertensi bisa mencobanya dengan cara mengkonsumsi buah pisang secara rutin minimal 2 buah setiap harinya.

Mentimun
Khasiat mentimun juga tidak kalah dengan buah pisang. mentimun terbukti bisa mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya yaitu dengan siapkan 2 buah mentimun kemudian parut hingga mengeluarkan air, minum 2 x sehari pagi dan sore agar tekanan darah anda berkurang.

Coklat
Siapa sangka coklat bisa mengatasi menurukan tekanan darah tinggi. Tetapi coklat yang diboolehkan untuk di konsumsi oleh para penderita hipertensi adalah dark chocolate. Karena jenis coklat ini tidak mengandung zat pemanis dan pewarna Flavonoid.

Daun Bayam
Kandungan magnnesium dan potasium yang terdapat dalam bayam berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, serta menjaga kesehatan jantung. Namun mengonsumsi bayam secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

Teh Hijau
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Taiwan bahwa dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin memiliki resiko kurang lebih 65 % lebih rendah memiliki tekanan darah tinggi ( hipertensi). Yu mulai dari sekarang ganti minuman anda dari secangkir kopi, alkohol, menjadi secangkir teh hijau.

Baca juga : Gejala Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Liver 
Itulah beberapa Makanan Yang Baik Untuk Penderita Hipertensi. Hindari makan-makanan yang bisa memacu tekanan darah tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel