7 Tips Makanan Sehat Vegetarian Yang Patut Dicoba!

Banyak yang menanyakan tips makanan sehat vegetarian, khususnya bagi kita yang lebih menyukai sayuran atau sedang menjalani diet. Vegetarian merupakan sebutan bagi kita pemakan sayur mayur.

Sebagai seorang vegetarian, tentu kita akan merasa was-was memikirkan tentang bagaimana agar kita bisa hidup sehat walau hanya makan dengan sayur-mayur.

Meski banyak tips makanan sehat vegetarian yang bisa kita coba, namun jangan lupa untuk memerhatikan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Karena, dari berbagai macam jenis sayuran ada yang baik untuk diet, baik untuk menggemukkan, namun ada juga ada yang berbahaya jika dikonsumsi berlebih oleh penderita hipertensi.

Untuk itu, kita perlu lebih memerhatikan dan hati-hati lagi. Bila perlu, kita bisa konsultasi ke dokter, khususnya bagi kita yang mengalami penyakit yang cukup serius.

Tips Makanan Sehat Vegetarian Sebagai Makanan Pokok

Berikut ini adalah makanan pokok yang bisa dipilih sebgai tips makanan sehat vegetarian:

Kentang

Kentang terkenal dengan sumber karbohidrat yang aman bagi tubuh karena kadar gula yang cukup rendah. Mengkonsumsinya dengan cara direbus membuat tubuh lebih sehat karena meminimalisir kolesterol.

7 Tips Makanan Sehat Vegetarian Yang Patut Dicoba!
pixabay.com
Jika bosan dengan kentang rebus saja, sesekali kita bisa mengolah kentang menjadi makan pokok rendah kolesterol yang lezat, seperti membuat kentang panggang barbeque atau perkedel dengan minyak rendah kalori.

Ubi
Ubi merupakan makanan pokok yang juga bisa dipilih dari tips makanan sehat vegetarian. Jika kita termasuk yang membutuhkan kadar gula yang cukup banyak dan senang menyukai rasa manis, kita bisa memilih ubi ungu yang bagus sebgai anti oksidan.

7 Tips Makanan Sehat Vegetarian Yang Patut Dicoba!
pixabay.com
Ubi ungu ini dapat dilihat dari cerah warnanya. Karena, ada juga ubi ungu yang justru cukup berbahaya bagi tubuh yang umumnya memiliki warna ungu yang gelap.

Jika kita lebih menyukai ubi yang berasa asin atau bahkan tidak berasa, kita bisa memilih singkong. Selain bisa menyajikannya dalam bentuk rebusan ubi atau singkong, kita juga bisa mengolahnya menjadi masakan olahan lain yang tidak kalah lezat.


Tips Makanan Sehat Vegetarian Sebagai Makanan Pelengkap

Daun singkong

7 Tips Makanan Sehat Vegetarian Yang Patut Dicoba!
pixabay.com

Tak hanya singkong, kita juga bisa memanfaatkan daun singkong sebagai makanan pelengkap kita. Eit, tapi jangan lupa bahwa kita juga mesti pastikan bahwa kita tidak memiliki hipertensi, karena daun singkong bisa menaikkan tensi darah. Meski begitu, daun singkong sangat baik untuk kita yang memiliki tekanan darah rendah.

Kangkung
Kangkung adalah jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi untuk kita. Kandungan zat besinya juga sangat cocok khususnya bagi yang kekurangan zat besi.
7 Tips Makanan Sehat Vegetarian Yang Patut Dicoba!
lintasnews.com
Namun, perlu diperhatikan bahwa mengkonsumsi kangkung secara berlebih juga kurang baik khususnya bagi kita yang mempunyai riwayat penyakit rhematik atau encok, karena kandungan kangkung bisa menyebabkan penumpukan pengkristalan purin atau asam penyebab rhematik atau encok pada sendi.

Daun katuk

7 Tips Makanan Sehat Vegetarian Yang Patut Dicoba!
blog.bukalapak.com

Tips makanan sehat vegetarian berikutnya adalah mengkonsumsi daun katuk. Daun katuk ini sangat bermanfaat khususnya bagi ibu yang sedang menyusui. Membuat sayur bening daun katuk juga akan terasa cukup segar.

Wortel & tomat
Tak hanya berguna sebagai pelengkap makanan, wortel dan tomat kerap dijadikan salad, bahkan ada yang sengaja di makan mentah.

7 Tips Makanan Sehat Vegetarian Yang Patut Dicoba!
pixabay.com
Selain bagus untuk mata dan kulit, wortel dan tomat juga bisa disajikan dalam bentuk jus yang biasa dipilih banyak orang.  Karena, selain menyehatkan, rasanya juga lebih enak dan segar.

Baca juga : Tips Sehat Untuk Ibu Menyusui
Ok, selamat mencoba tips makanan sehat vegetarian!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel