Tips Sehat Pasca Melahirkan

Hamil dan melahirkan merupakan kodrat seorang wanita. Namun, dalam beberapa kasus seorang wanita yang baru melahirkan akan mengalami masalah kesehatan.

Kondisi kesehatan soerang wanita pasca melahirakn dipengaruhi oleh faktor psikis seperti kelelahan dan kurang tidur, juga faktor fisik dimana tubuh akan banyak kehilangan darah atau komplikasi penyakit yang menyertainya.

Maka dari itu penting bagi seorang wanita untuk merawat diri pasca melahirkan agar kesehatannya tetap stabil. Ada beberapa tips sehat pasca melahirkan yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat.

Tips Sehat Pasca Melahirkan
pixabay.com

Tips sehat pasca melahirkan agar tubuh cepat sehat dan bugar

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi
Tips sehat pasca melahirkan yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Agar seorang wanita yang telah melahirkan bisa cepat sehat dan bugar kembali maka dibutuhkan asupan makanan yang sehat, bergizi dan seimbang.

Makanan tersebut dapat diperoleh dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, telur, ikan segar dan juga daging. Nutrisi yang diperlukan wanita yang melahirkan sebenanya sama dengan dengan nutrisi yang diperlukan oleh wanita hamil.

Nutrisi tersebut harus mencukupi kebutuhan ibu dan bayinya. Kekurangan nutrisi bisa berakibat pada memburuknya kesehatan ibu dan bayi bisa kekurangan gizi.

Meminum susu 
Meminum susu merupakan tips sehat pasca melahirkan yang tidak boleh seorang wanita abaikan. Susu yang kaya akan kandungan kalsium, vitamin D, vitamin B, dan juga protein akan dapat memenuhi asupan nutrisi bagi ibu dan juga bayinya.

Perbanyak minum air putih
Tips sehat pasca melahirkan  berikutnya dalah dengan memperbanyak minum air putih agar tubuh tetap segar dan fit.

Banyak minum air putih dapat meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh yang akan menunjang proses metabolisme. Para pakar kesehatan menyarankan agar meminum air putih minimal 8 gelas sehari.

Istirahat yang cukup
Jika wanita memilih proses persalinan dengan caesar maka waspada dan berhati-hatilah. Ini merupakan salah satu tips sehat pasca melahirkan terpenting agar tubuh cepat pulih dan fit kembali.

Pasca melahirkan, tubuh seorang wanita  akan melemah, maka perlu istirahat yang tepat. dibutuhkan setidaknya 1-2 minggu waktu untuk istirahat total jika melahirkan secara normal. Namun, wanita yang melakukan persalinan dengan operasi caesar harus istirahat sekurang-kurangnya 1-2 bulan.

Berhati-hatilah dalam berbaring karena jika berbaring sembarangan, jahitan akan terbuka yang akibatnya bisa meningkatkan rasa sakit.

Menyusui 
Seorang ibu baru melahirkan sangat penting untuk menyusui bayinya. Ini adalah salah satu tips sehat pasca melahirkan. Sebagian wanita ada yang tidak menyusui bayinya karena khawatir bentuk payudaranya akan rusak.

Padahal Asi merupakan nutrisi terbaik bagi bayi. Beberapa kemungkinan dapat terjadi jika tidak diberikan Asi pertama seperti, bayi bisa menderita penyakit kuning dan ibunya dapat menderita nyeri payudara akut.

Selain itu, melewatkan menyusui dapat mengakibatkan terbentuknya benjolan di dalam jaringan payudara dan secara perlahan akan mengakibatkan kanker payudara.

Tidak beraktivitas yang berat
Penting bagi seorang wanita yang baru melahirkan untuk tidak melakukan aktivitas yang berat, misalkan naik dan turun tangga atau mengangkat beban yang berat.

Oleh sebab itu, siapkan segala keperluan ibu dan bayinya seperti makanan, minuman, dan popok ditempat yang mudah dijangkau. Tidak usah sungkan untuk meminta saudara menyelesaikan pekerjaan rumah tangga selama proses pemulihan.

Mencoba meditasi
Menjadi ibu baru merupakan fase yang cukup sulit. Memiliki waktu tidur malam yang sedikit dan merawat bayi yang baru lahi,r bisa saja menyebabkan seorang wanita menjadi stres dan meningkatnya tekanan darah menjadi hal yang umum terjadi.

Menenangkan diri dengan mencoba meditasi dapat membuat pikiran menjadi tenang, dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

Baca juga : Tips Sehat Pasca Operasi Caesar Agar Cepat Pulih
Demikianlah beberapa tips sehat pasca melahirkan yang bisa dilakukan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel