Tips Sehat Pasca Operasi Caesar Agar Cepat Pulih

Ada beberapa alasan yang meltarbelakangi sebagian ibu memilih operasi caesar, seperti karena prosesnya yang tidak sakit, karena alasan fisik tertentu misalkan bayi sungsang, pinggul kecil dan lain-lain.

Sementara itu ada juga yang memilih operasi caesar karena ingin menentukan tanggal kelahiran buah hatinya. Operasi caesar merupakan operasi besar sebagai proses persalinan yang dapat meninggalkan rasa sakit sesudahnya.

Pasca operasi biasanya  para ibu akan mengalami beberapa hal yang membuatnya tidak nyaman. Namun, jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya proses pemulihan dapat berlangsung relatif lebih cepat.

Berikut ini merupakan tips sehat pasca operasi caesar agar cepat pulih.

Tips Sehat Pasca Operasi Caesar Agar Cepat Pulih
pixabay.com


Tips sehat pasca operasi caesar

Pemulihan pasca operasi caesar bisa berlangsung sampai enam bulan. Oleh karena itu bersabarlah dan lakukan tips sehat pasca operasi caesar berikut ini agar tubuhmu bisa kembali pulih dengan cepat.

Istirahat yang cukup
Tips sehat pasca operasi caesar yang pertama adalah dengan istirahat yang cukup. Ketika bayimu istirahat sebaiknya kamu juga istirahat, termasuk pada siang hari. Bila memungkinkan, usahakan untuk tidur selama 7-8 jam.

Tidur sangat berguna bagi tubuh untuk mendukung pertumbuhan jaringan dalam membantu proses penyembuhan luka.

Tidak beraktivitas yang berat
Selain tidur cukup, tips sehat pasca operasi caesar yang perlu kamu perhtaikan adalah tidak melakukan aktivitas yang berat yang menyebabkan tekanan pada perut meningkat, misalkan naik dan turun tangga atau mengangkat beban yang berat.

Oleh sebab itu, siapkan segala keperluan kamu dan bayimu seperti makanan, minuman, dan popok dekat denganmu agar mudah dijangkau.

Merawat luka bekas operasi
Tips sehat pasca operasi caesar berikutnya agar cepat pulih adalah merawat luka bekas operasi. Pasca operasi, daerah di sekitar luka akan ditumbuhi kulit baru.

Akan tetapi, kulit baru tersebut mudah tergores sehingga kamu dianjurkan untuk merawatnya dengan baik. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan diantaranya :
  • Menghindari paparan sinar matahari mengenai luka bekas operasi selama tiga bulan 
  • Tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu dengan suami selama proses pemulihan berlangsung. 
  • Usahakan untuk mengganti perban setiap hari
  • Biarkan plester yang menempel lepas sendiri
  • Tidak menggosok atau menggaruk pada luka 

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi
Tips sehat pasca operasi caesar berikunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Selain menjaga dari luar, kamu juga perlu menjaga kesehatnmu dari dalam, caranya dengan memberikan tubuhmu asupan makanan yang sehat dan bergizi seperti asupan vitamin mineral dan protein. Jangan lupa untuk banyak minum air putih agar tubuh kamu tetap segar dan fit.

Jaga dan kelola emosi dengan baik
Tips sehat pasca operasi caesar yang tidak boleh kamu lupakan adalah mengelola dan menjaga emosimu secara baik. Persalinan pasti akan menyebabkan perubahan fisik dan psikologis kamu.

Bisa saja muncul kecemasan terhadap komplikasi medis, rasa nyeri, stres, kelelahan karena operasi, dan kondisi psikologis. Sehingga, agar kamu cepat pulih setelah operasi caesar tetap tenang dan bersyukur.

Jangan sungkan untuk mengutarakan perasaan kamu pada pasangan atau bila perlu berkonsultasi dengan dokter atau psikolog.

Aktif dengan gerakan ringan
Tips sehat pasca operasi caesar yang terakhir adalah aktif bergerak dengan gerakan-gerakan ringan. Pasca operasi bukan berarti kamu harus terus berbaring ditempat tidur seharian.

Kamu harus menguatkan fisik dan semangatmu dengan berusaha menggerak-gerakan kaki dan berjalan-jalan ringan. Bergerak sangat bermanfaat untuk kamu agar sirkulasi darah tetap lancar sehingga akan semakin cepat pemulihannya.

Selain itu, ikutilah semua petunjuk dan saran dokter dan jangan lupa juga untuk meminum obat yang diresepkan dokter agar proses pemulihan pasca operasi caesar dapat berjalan lebih cepat dan lancar.

Baca juga : 6 Tips Sehat Melawan Diabetes
Demikianlah beberapa tips sehat pasca operasi caesar yang dapat kamu lakukan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel