Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Medis dan Alami

Bingung dengan cara mengobati gusi bengkak? Ya, gusi bengkak membuat kita merasa tidak nyaman. Gusi terasa perih dan panas, membuat kita merasa pusing dan tidak enak badan, apalagi sekedar untuk makan.

Biasanya gusi yang bengkak ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah karena serangan kuman dan bakteri pada gusi. Gusi dan gigi sensitif juga bisa menjadi pengaruh, apalagi saat kita langsung mengkonsumsi makanan atau minuman panas dan keras.

Cara mengobati gusi bengkak bisa dilakukan secara medis dan alami. Ya, secara medis atau lebih dikenal dengan obat-obatan kimiawi memang memiliki reaksi yang relatif lebih cepat dan praktis diperoleh di apotik ataupun di dokter.

Namun, obat alami juga tidak bisa dianggap remeh. Kelebihannya yang memiliki resiko yang relatif sangat kecil untuk terjadi efek samping, dan harga yang relatif jauh lebih murah.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Medis dan Alami


Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Medis

Berikut ini adalah cara mengobai gusi bengkak secara medis:

Konsumsi Asam Mefenamat
Ya, umumnya, kita biasa memilih asam mefenamat sebagai obat yang pertama kali kita berikan sebagai cara mengobati gusi bengkak maupun masalah sakit gigi.

Asam mefenamat bisa meredakan nyeri yang diakibatkan ketegangan saraf di gusi ataupun kuman dan bakteri yang menyerang gusi.

Konsumsi Dexamethason
Selain mengkonsumsi asam mefenamat, kita bisa mengkonsumsi dexamethason sebagai cara mengobat gusi bengkak yang terasa nyeri.

Tergolong antibiotik yang lebih keras daripada asma mefenamat. Jika yang sudah terbiasa dengan dosis yang tinggi, maka kita bisa mengkonsumsi obat dexamethason ini.

Namun, jika kita belum terbiasa mengkonsumsi obat anti nyeri, kita sebaiknya tidak mengkonsumsi antibiotik berdosis tinggi karena akan membuat anti bodi tubuh menjadi resisten.

Periksa Ke Dokter Gigi
Nah, untuk mendapat keterangan dan saran lebih lanjut baiknya kita memeriksakan diri ke dokter gigi, terlebih jika terjadi infeksi atau belum sembuhnya gusi kita meski sudah mengkonsumsi obat-obatan yang mengobati gusi bengkak.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Bawang Putih
Bawang putih merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengobati gusi bengkak. Kandungan alami dalam bawang putih bisa membantu menghilangkan bakteri yang ada pada gusi. Cukup laburkan perutan bawang putih dn mendiamkannya beberapa saat, lalu bersihkan.

Bawang Merah
Seperti bawang putih, bawang merah pun memiliki kandungan yang bisa dijadikan sebagai obat gusi bengkak.

Bahkan, kandungan bawang merah yang hangat juga bia membuat saraf gusi menjadi rileks. Bawang merah juga bisa membantu mengurangi bau mulut yang disebabkan karena bakteri.

Bahkan, kandungan bawang merah juga tak hanya bagus untuk gusi dan mulut, tetapi untuk menghangatkan perut atau menghilangkan bau kaki.

Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh, panas dan pedas saat diteteskan ke bagian gusi yang bengkak merupakan cara mengobati gusi bengkak yang alami dan ampuh.

Meski sedikit meringis perih atau terasa panas, namun minyak cengkeh ini bisa meredakan ketegangan saraf gigi dan bantu mengurangi bakteri yang menempel pada gusi kita yang bengkak.

Garam
Nah, garam juga bisa membantu merilekskan ketegangan saaf di mulut, termasuk gusi. Kita bisa menaburkan garam pada gusi kita yang bengkak dan mendiamkannya sebentar. Setetlah beberapa menit, kita bisa membasuhnya kembali hingga bersih.

Baca juga : 5 Cara Mengobati Sakit Gigi Yang Tak Tertahankan
Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak secara medis dan alami. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel