10 Tips Puasa Agar Tetap Sehat Yang Wajib Kamu lakukan

Puasa adalah salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh umat Islam dan secara arti kebahasaan arti puasa adalah menahan makan dan minum. Puasa wajib dilaksanakan selama 30 hari dan hanya boleh ditinggalkan jika Anda sakit. Maka Anda harus menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap bugar dan fit saat berpuasa. Agar tidak sakit maka sebaiknya Anda melakukan tips berikut ini agar tetap sehat selama berpuasa.

10 Tips Puasa Agar Tetap Sehat Yang Wajib Kamu lakukan

Makan Yang Sehat
Saat berbuka puasa, sebaiknya ada menerapkan diet sehat. Jangan terlalu banyak memakan ku dan makanan mains lainnya dalam jumlah besar. Hal ini disebabkan karena makanan manis tidak akan memuaskan rasa lapar, justru sebaliknya akan mengganggu pola makan Anda. Makanlah kurma, karena memakan kurma sangatlah disarankan oleh para nabi.

Minum Secukupnya
Hidrasi sering kita alami selama melakukan puasa. Setelah berbuka, minumlah air dengan jumlah yang besar. Anda juga disarankan untuk minum saat sahur karena kebutuhan hidrasi tubuh adalah 1,5 liter per hari. Cukupilah kebutuhan mineral Anda.

Jangan Langsung Tidur Usai Sahur
Setelah sahur Anda masih merasakan kantuk yang berat dan biasanya orang akan langsung tidur. Sebaiknya jangan langsung tidur, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan yang telah Anda konsumsi. Mengajilah terlebih dahulu dan laksanakan shalat subuh.

Hindari Menggunakan Tenaga Yang Tidak Perlu
Saat berpuasa, tubuh akan mengkonsumsi makanan lebih sedikit dibandingkan pada saat kita tidak berpuasa. Itu berarti tenaga yang kita miliki saat berpuasa lebih sedikit dibandingkan tenaga pada saat kita tidak berpuasa. Untuk itu, hindarilah aktivitas yang melelahkan untuk menjaga tenaga sampai berbuka puasa. Lakukan aktivitas yang tidak mudah membuat tubuh lelah dan memakan banyak tenaga seperti jalan-jalan di sore hari.

Tidur Siang
Tahukah Anda kalau orang yang berpuasa lebih sering mengantuk? Karena kalori yang ada di dalam tubuh berkurang saat berpuasa yang mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan mudah mengantuk. Namun, tidur siang saat berpuasa bermanfaat bagi Anda. Dengan tidur di saing hari selama 1-2 jam dapat mengumpulkan energi di dalam tubuh. Tetapi, sebaiknya Anda jangan tidur secara berlebihan karena akan berdampak tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga.

Konsumsi Makanan Yang Hangat Dan Manis
Minuman hangat sangatlah baik dikonsumsi di saat berbuka puasa karena baik bagi lambung sehingga dapat menetralisir asam lambung setelah seharian penuh berpuasa. Sedangkan makanan manis dapat menghasilkan energi bagi tubuh Anda karena mengandung glukosa. Hindarilah minuman dingin saat berbuka karena meningkatkan asam lambung yang dapat memicu maag. Minumlah minuman dingin beberapa saat setelahnya.

Jangan Makan Terlalu Banyak
Saat kita berbuka puasa bukan berarti kita harus makan berlebihan. Makan berlebihan dapat mengganggu tubuh dan membuat kantuk saat menunaikan ibadah shalat tarawih.

Jangan Berbuka Dalam Porsi Besar
Mulailah berbuka dengan makanan seperti kolak, sup atau makanan pembuka lain dan tunggu sampai masuk ke dalam pencernaan sebelum memulai makan besar.

Makan  Tiga Kali Sehari
Tetaplah makan tiga kali sehari meskipun puasa dimulai dari matahari terbit hingga terbenam. Yang pertama saat sahur, lalu saat berbuka dan yang ketiga 2 jam setelah berbuka.

Makan Buah Buahan
 Makanlah buah saat sahur untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti ubi-ubian dan nasi agar dapat bertahan sampai berbuka puasa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel