10 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Sariawan adalah gangguan mulut yang paling sering disepelekan oleh banyak orang. Sebenarnya sariawan adalah tanda tubuh Anda sedang mengalami keadaan yang tidak stabil. Bisa dibilang bahwa gangguan mulut ini merupakan pertanda Anda akan sakit. Oleh karena itu sebaiknya Anda segera mengobati sariawan dengan cara alami yang mudah untuk digunakan.

Sariawan disebabkan karena kurangnya vitamin C dalam tubuh. Selain faktor tersebut, faktor psikologis juga mempengaruhi timbulnya sariawan. Orang yang sedang mengalami tekanan cenderung mengalami sariawan. Ditambah lagi merokok yang terlalu sering juga dapat menimbulkan sariawan.
10 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Gangguan mulut ini bisa juga disebabkan karena luka yang timbul pada mulut yang biasanya disebabkan karena gigitan atau terbentur sesuatu yang menyebabkan luka pada mulut bagian adalah. Tidak hanya bagian mulut yang dapat mengalami sariawan, lidah juga dapat mengalami sariawan.

Terdapat beberapa bahan alami yang ampuh digunakan untuk mengobati sariawan. Cara mengobati sariawan dengan cara alami lebih aman digunakan dan membutuhkan waktu yang cukup cepat.

Ini dia cara mengobati sariawan secara alami :


Kunyit
Kunyit adalah obat sariawan yang paling ampuh. Rempah yang satu biasa digunakan untuk memasak ini ternyata dapat mengobati sariawan. Cara menggunakannya cukup mudah. Haluskan atau parut kunyit sampai menjadi pasta lalu oleskan pada bagian yang sariawan. Supaya lebih efektif, campurkan dengan teh gliserin sebanyak satu sendok makan.

Madu
Madu sudah banyak dikenal mempunyai banyak manfaat baik untuk kecantikan atau pun kesehatan. Salah satu manfaat madu adalah dapat mengatasi masalah sariawan. Untuk penggunaannya cukup dengan mengoleskan madu pada bagian sariawan. Lakukan secara terus menerus sampai sembuh.

Tomat 
Tomat  mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan. Iris tipis tomat dan tempelkan pada sariawan yang ada di lidah atau di mulut.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa yang terbuat dari kelapa asli dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa pada sariawan dan sampai mengering dan sembuh. Lakukan sesering mungkin agar cepat sembuh.

Pepaya 
Buah pepaya dapat mengobati sariawan karena mengandung banyak vitamin C yang dapat memperbaiki asupan vitamin C dalam tubuh Anda. Dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin, sariawan Anda akan sembuh dan dapat mencegah terjadinya sariawan.

Bawang Putih
Bumbu masak yang satu ini ternyata dapat mengobati sariawan. Bawang putih membantu mempercepat proses pengeringan luka  di dalam mulut penderita sariawan. Cara menggunakan punya sangatlah mudah, cukup tumbuk bawang putih dan oleskan pada bagian yang mengalami sariawan.

Kulit Manggis
Gunakanlah kulit manggis untuk mengobati sariawan. Manggis berfungsi mengurangi radikal bebas serta inflamasi. Cara membuat ramuannya dengan menggunakan 2 buah kulit manggis, kemudian potong kulit manggis tersebut. Rebus kulit tersebut dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring air rebusan kulit manggis dan jadikan obat untuk berkumur.

Yoghurt
Produk olahan susu ini memiliki vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Untuk mengobati sariawan dengan yoghurt, cukup dengan mengkonsumsi yoghurt dua kali sehari.

Daun Jambu
Daun jambu yang dapat digunakan untuk mengatasi sariawan adalah daun jambu biji. Daun yang satu ini tidak hanya dapat mengatasi susah buang air besar, tetapi juga dapat mengobati sariawan. Caranya dengan  menumbuk daun jambu dan oleskan pada sariawan.

Garam
Garam adalah bahan alami yang paling efektif untuk mengobati sariawan. Oleskan garam pada bagian yang mengalami sariawan dan biarkan sampai kering.

Baca juga : Cara Mengobati Mata Bintitan Supaya Cepat Sembuh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel