6 Penyebab Rambut Rontok Parah

Selama ini mungkin yang diketahui oleh banyak orang sebagai penyebab rambut rontok parah hanya sebatas tidak cocok dalam penggunaan shampo atau produk untuk rambut lainnya. Namun gangguan pada rambut dan kulit kepala yang seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman dan kurang percaya diri ini ternyata tidak sesederhana itu.

Tidak hanya berasal dari satu penyebab namun lebih kepada banyak hal yang menjadi kebiasaan buruk dalam kehidupan sehar-hari sehingga mengakibatkan kesehatan terganggu termasuk pada rambut.

6 Penyebab Rambut Rontok Parah
gambar Rambut Rontok Parah

Oleh karena itu di bawah ini akan dibahas beberapa penyebab rambut rontok parah selain terkait salah penggunaan produk rambut serta kiat-kiat untuk mengurangi kerontokan rambut yang sederhana dan mudah dilaksanakan sehari-hari di rumah. Check it out!

6 penyebab rambut rontok parah

1.Asupan Gizi Kurang Seimbang
Disadari atau tidak, rambut sebagai salah satu bagian tubuh kita memiliki kebutuhan yang sama sebagaimana perut atau kulit. Oleh karena itu konsumsi makanan yang baik dengan gizi seimbang pun akan memengaruhi kesehatan rambut. Buah-buahan dan yogurt merupakan salah satu yang paling baik untuk kesehatan kulit dan rambut serta mencegah rambut dari kerontokan.

2.Perawatan Berlebihan
Apapun yang dilakukan secara berlebihan tetap akan menimbulkan hal yang kurang baik, termasuk perawatan berlebihan untuk urusan rambut. Terlalu sering melakukan perawatan apalagi pengecatan rambut berulang-ulang serta penggunaan hair dryer secara terus-menerus merupakan kesempatan besar timbulnya kerontokan rambut dan kulit kepala yang tidak sehat.

3.Jarang Keramas
Nah, penyebab yang satu ini berlawanan dengan yang sebelumnya. Jika perawatan berlebihan pun bisa menyebabkan rambut rontok, apalagi rambut yang jarang dirawat sekalipun dengan perawatan sederhana seperti keramas. Kondisi rambut yang jarang keramas sangat mudah menjadi lembab. Terlebih jika sering terpapar sinar matahari, rambut bisa mudah lepek hingga akhirnya rontok.

4.Terlalu Kencang Mengikat Rambut
Terlalu kencang mengikat rambut juga menjadi salah satu sebab utama terjadinya kerontokan rambut. Hendaknya perlakukanlah rambut dengan lembut sebagaimana kita memperlakukan anggota tubuh lainnya, ya!

5.Kelainan Hormon
Terjadi pada orang-orang tertentu yang mengalami kelainan hormon. Kerontokan seringkali terlihat cukup parah sejak remaja atau usia dewasa muda. Rata-rata kerontokan dimulai dari bagian tengah kepala.

6.Penyakit dan Pengaruh Obat
Beberapa penyakit seperti diabetes dan vilitigo menyebabkan kerontokan pada rambut. Selain itu dosis obat yang tinggi dan yang cenderung dipakai terus-menerus pun sangat memperngaruhi kerontokan rambut. Kemudian faktor obat kontrasepsi pun menjadi salah satu penyebab terbesar penyebab rambut rontok parah.  Namun biasanya setelah lepas dari alat kontrasepsi, kondisi rambut akan kembali normal dan tidak rontok kembali.
Baca juga : Beberapa Obat Penumbuh Rambut Di Apotik yang Terbukti Manjur
Itulah beberapa penyebab rambut rontok parah. Adapun cara mengatasinya bisa dengan mengoleskan minyak kemiri atau sari lidah buaya pada rambut. Cara lainnya adalah dengan banyak mengonsumsi yoghurt atau keramas dengan seledri dan teh hijau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel