Tips sehat walau sering bergadang perlu dicoba!

Tahukah kita apa saja tips sehat walau sering bergadang? Ya, tips ini sangat kita perlukan khususnya bagi bagi kita yang sering bergadang karena menjaga keamanan rumah, belajar, mengerjakan tugas, lembur, atau sering kongkow bareng teman.

Bahkan, jika sudah menjadi kebiasaan, kita akan merasa kesulitan untuk tidur lebih awal.

Ada beberapa tips sehat walau sering bergadang yang perlu kita coba agar kita bisa tahan bergadang dengan tubuh yang tetap sehat.

Apalagi jika daya tahan tubuh kita lemah atau tidak terbiasa bergadang pada awalnya, tentu tubuh akan memberikan protes berupa beberapa pemyakit seperti masuk angin, lemah, atau letih pada esok harinya.
Tips sehat walau sering bergadang perlu dicoba!
shutterstock.com

5 tips sehat walau sering bergadang

ada 5 tips sehat walau sering bergadang yang perlu dicoba

1. Makan cukup
Tips sehat walau sering bergadang yang bisa kita lakukan pertama kali adalah makan cukup gizi dan energi untuk aktivitas kita apalagi jika kita bergadang hingga larut malam atau pagi hari. Kita bisa mengkonsumsi buah, sayur, ikan juga susu dengan rutin sebagai penyeimbang gizi.

Jika perlu, kita sediakan camilan sehat di malam hari, karena makan berat di malam hari sebaiknya dihondari.  Jangan lupa, cukup tepat waktu juga jangan diabaikan.

2. Olahraga
Nah, olaraga ini penting agar kita tetap bugar walau sering bergadang semalaman. Kita bisa berlari kecil atau berjalan-jalan selama minimal 30 menit agar tubuh tidak kaku. Aktivitas fisik yang biasa kita lakukan juga akan cukup membantu tubuh agar terus bugar.

3. Hindari konsumsi kopi dan rokok berlebih
Nah, ini dia tips sehat walau sering bergadang yang kadang diabaikan. Pasalnya, kebanyakan dari kita menganggap kopi dan rokok ibarat teman setia yang wajib ada saat kita bergadang.

Namun, kita harus tetap ingat bahwa kandungan kafein yang terkandung dalam kopi akan berbahaya bagi kesehatan tubuh jika kita konsumsi secara terus menerus apalagi dengan dosis berlebih.

Begitu juga dengan rokok. Sudah diketahui umum bahwa rokok mengandung racun yang membahayakan tubuh kita, baik yang menghisap maupun yang tidak menghisap rokok secara langsung.

Untuk itu kita perlu menghindari konsumsi kopi dan rokok berlebih. Secukupnya saja, atau kalau bisa kita perlahan-lahan menghindarinya.

Kita bisa sesekali mengganti kopi dengan air wedang jahe atau the hangat. Rokok pun kita kurangi konsumsinya. Kita bisa menggantinya dengan kacang goreng atau camilan lainnya.

4. Cukup istirahat
Ya, cukup istirahat juga sangat dianjurkan sebagai tips sehat walau bergadang. Kita bisa mengambil jatah istirahat di sisa malam atau pagi ataupun siang hari.

Hal ini akan membantu tubuh yang membutuhkan istirahat agar tetap fit. Jadi, usahakan kita tidak sering bergadang sampai pagi tanpa timbal balik istirahat yang cukup.

Jika memang kita diharuskan untuk bergadang full dengan jatah istirahat yang tidak banyak, kita bisa membantunya sesekali dengan suplemen atau vitamin.

Tips sehat walau sering bergadang yang jangan dilupakan

5. Jangan lupakan air putih
Ya, air putih ini jangan sampai kita lupakan untuk sering kita konsumsi. Selain menyegarkan tubuh, air putih ini bisa membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh akibat konsumsi kopi atau rokok yang kita lakukan selama bergadang.

Membiasakan minum air putih terutama sebelum tidur dan bangun tidur bisa membantu menyehatkan tubuh.

Baca juga : Ini Dia Tips Sehat Walaupun Merokok!
Selamat mencoba tips sehat walau sering bergadang sob!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel