Tips Sehat Ala Rasulullah Yang Wajib Muslim Tiru

Artikel kali ini akan membahas tips sehat ala Rasulullah. Pada diri Rasulullah telah ada contoh yang baik bagi kita dari semua sisi kehidupannya. Salah satunya beliau mengajarkan kepada kita pola hidup sehat.

Menerapkan pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan tubuh secara efektif. Rasulullah SAW menjadi buktinya, beliau selama hidupnya hanya mengalami sakit dua kali yaitu ketika diracun oleh wanita yahudi yang menghidangkan makanan kepada beliau di Madinah dan tatkala menjelang wafatnya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa beliau memiliki fisik yang sehat dan daya tahan tubuh sangat luar biasa. Padahal jazirah Arab memiliki cuaca yang sangat panas, tandus dan kurang bersahabat. Lalu apa tips sehat ala Rasulullah sehingga beliau bisa seperti itu?

Tips Sehat Ala Rasulullah Yang Wajib Muslim Tiru

Tips sehat ala Rasulullah

Cukup dengan mengikuti pola hidup Rasulullah SAW, maka Insya Allah kita akan memilki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Berikut tips sehat ala rasulullah yang wajib kita tiru :

Menjaga pola makan
Pada pagi hari beliau selalu sarapan. Menu pembuka sarapan Rasulullah adalah segelas air yang dicampur satu sendok madu asli. Secara umum madu merupakan obat berbagai macam penyakit.

Dari perspektif ilmu kesehatan madu sangat bermanfaat untuk membersihkan lambung, menyembuhkan sembelit, wasir, mengaktifkan usus-usus dan peradangan.
  • Menjelang siang atau masuk waktu dhuha beliau senantiasa memakan tujuh butir kurma.  
  • Pada sore hari, Rasulullah suka ngemil roti yang diolesi cuka campur minyak zaitun. Usut punya usut ternyata dua bahan tersebut mampu mencegah kanker dan menghancurkan kolesterol.
  • Pada malam harinya Rasulullah SAW menyantap sayuran. Dan beliau tidak langsung tidur setelah makan tapi melakukan aktivitas dulu seperti shalat.
  • Jangan mengonsumsi makanan secara berlebihan, Rasulullah memberi contoh dengan makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.
  • Berdoa sebelum dan sesudah makan

Rutin berolah raga
Beliau merupakan sosok yang gemar berolahraga, tak segan ia mengajak istrinya Aisyah RA berlomba lari. Rasulullah sangat menganjurkan agar anak-anak dilatih memanah, menunggang kuda dan berenang.

Tidur lebih cepat dan bangun lebih awal
Rasulullah sangat tidak menganjurkan umatnya untuk begadang dan beliau sangat tidak suka makan dan ngerumpi selepas waktu isya.

Rasulullah akan cepat tidur jika sudah waktunya. Sebaiknya tidur tidak lebih dari jam 22.00 dan bangun pada sepertiga malam terakhir atau jam 03.00 untuk qiyamullail.

Menjaga kebersihan
Rasulullah SAW selalu terlihat bersih dan rapi. Bahkan beliau suka mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi pada hari kamis atau jumat. Beliau juga sangat memperhatikan kebersihan mulut dan gigi dengan bersiwaq.

Tidak pemarah
Rasulullah menasihati dengan kalimat “jangan marah” yang diulangi sampai tiga kali. Hal ini memeberikan pelajaran bagi kita bahwa hakikat kekuatan seseorang tidak terletak pada fisik, namun pada kebersihan jiwa. Tidak mudah marah juga terbukti dapat menyehatkan tubuh.

Rutin dalam berpuasa
Rasulullah SAW senantiasa melakukan puasa wajib atau sunnah seperti puasa sunnah hari senin dan kamis. Ditinjau dari sisi kesehatan puasa memiliki banyak manfaat diantaranya, dapat menyembuhkan penyakit hipertensi, diabetes, saluran pernafasan, asma, jantung, pengerasan arteri, kanker dan lain-lain.

Bersosialisasi
Harvard School of Public Health pernah melakukan studi dan menemukan bahwa laki-laki berusia 70-an tahun yang mempunyai hubungan sosial yang baik memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami kerusakan atau penyakit jantung.

Kita semua tahu bahwa Rasulullah memiliki banyak sahabat dan senantiasa menjaga hubungan baik dengan karib kerabat serta bertetangga dengan baik. Bersosialisasi juga merupakan salah satu tips sehat ala Rasulullah yang patut kita tiru.

Baca juga : Obat Herbal Rematik yang Bisa Ditemukan di Sekitar Kita
Nah itulah tips sehat ala Rasulullah yang bisa saya share. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel